Selasa, 27 September 2016

Juknis Madya



               A.      PESERTA
1.       Peserta tiap tim terdiri dari  10 orang.
2.       Peserta terdaftar sebagai anggota PMR di sekolah tersebut.
3.       Tiap sekolah maksimal mengirimkan 1 tim.
               B.      KETENTUAN-KETENTUAN LOMBA
1.       LOMBA PERTOLONGAN PERTAMA
a. PP diikuti oleh 4 orang, dengan rincian 3 orang sebagai penolong dan 1 orang sebagai korban.
b.Korban diundi oleh panitia
c. Waktu keseluruhan 18 menit,  2 menit pembacaan soal+persiapan, 13 menit pertolongan, 3 menit evaluasi.
d.Waktu dimulai ketika PENOLONG mengatakan “SIAP” dan diakhiri ketika PENOLONG mengatakan “SELESAI”.
e.Buku Panduan yang digunakan adalah buku Panduan PP edisi kedua cetakan keempat tahun 2009 penerbit Markas Pusat Palang Merah Indonesia.
f.  Penilaian menggunakan sistem grid.
g. Peralatan PP kecuali  APD disediakan oleh panitia.
2.       LOMBA PROGRAM KERJA PMR
a. Lomba Program kerja PMR diikuti oleh 1 orang.
b. Waktu presentasi minimal 7 menit maksimal 12 menit, dan 3 menit untuk tanya jawab.
c.  Presentasi menggunakan power point sebagai media.
d. Proker harus mencerminkan salah satu dari tribakti PMR
e. Proker yang dipresentasikan merupakan proker yang sudah dilaksanakan maupun yang baru direncanakan (belum terlaksana).
f.  Apabila peserta membawakan proker yang sudah terlaksana, maka wajib menyertakan dokumentasi kegiatan (tidak menambah nilai)
g. Peserta wajib membuat proposal kegiatan proker yang ditujukan kepada pihak sekolah masing masing, dan dikumpulkan ke panitia dalam bentuk hardfile.
h. Proposal kegiatan dikumpulkan dalam bentuk hardfile, pengumpulan maksimal tanggal 3 November 2016.
i.    Aspek yang dinilai :  kreatifitas, aplikatif, proposal, presentasi, efektifitas dan efisiensi,
j.   Tertutup untuk umum (tidak ada audience).
k. Panitia menyediakan LCD Proyektor dan laptop.
3.       LOMBA BERCERITA KEPALANGMERAHAN
a.  Lomba bercerita kepalangmerahan diikuti oleh 1 orang.
b. Peserta bercerita kepalangmerahan dengan tema “Pertolongan pertama menbantu sesama”.
c.  Cerita dapat berupa fiksi maupun non fiksi.
d. Boleh menceritakan pengalaman diri sendiri atau orang lain
e. Boleh menggunakan alat peraga.
f.  Lomba bercerita terbuka untuk umum.
g.  Aspek yang dinilai : Performance, Vokal (artikulasi, intonasi, volume), ekspresi, isi cerita,dan kesesuaian dengan tema
h. Waktu bercerita minimal 5 menit maksimal 10 menit.
4.       LOMBA TRAVELLING
a.  Setiap tim terdiri dari 3 orang, komposisi putra-putri bebas.
b.Terdapat 3 pos (kepalangmerahan, donor darah, dan ayo siaga bencana)
c. Peserta akan diberikan waktu 10 menit di setiap posnya.

1)      Pos Kepalangmerahan
a)      Pos Kepalangmerahan diikuti oleh 3 orang, dengan 1 orang sebagai leader dan 2 orang sebagai pemain.
b)      Penentuan tugas sebagai leader serta pemain ditentukan oleh tim. Dengan catatan leader untuk setiap pos tidak boleh sama.
c)       Terdapat 20 kotak yang di dalamnya terdapat 10 pertanyaan seputar kepalangmerahan yang disusun secara acak.
d)      Waktu keseluruhan lomba 10 menit, terdiri dari 2 menit penjelasan, 1 menit menghafal peta dan 7 menit peragaan.
e)      Peserta yang menjadi leader bertugas menghafalkan peta yang diberikan oleh panitia.
f)       Peserta yang menjadi leader hanya boleh mengarahkan 2 orang pemain menggunakan instruksi secara lisan dan tidak boleh berpindah tempat selama perlombaan berlangsung.
g)      Peserta yang bertugas sebagai pemain melaksanakan permainan secara bergantian serta jawaban benar/salah tidak akan diberi tahu oleh juri.
h)      Peserta yang menjadi pemain boleh berjalan maju menyamping atau menyerong, tetapi tidak boleh berjalan mundur.
i)        Pertanyaan akan dibacakan oleh leader ketika peserta yang bertugas sebagai pemain telah menginjakkan kedua kakinya di atas kotak yang berisi pertanyaan menurut instruksi dari leader.
j)        Pertanyaan hanya boleh dijawab oleh pemain yang berada di atas kotak berisi pertanyaan yang telah diinjak.
k)      Peserta yang bertugas sebagai pemain dilarang membantu rekannya (pemain lain) yang sedang menjawab pertanyaan.
l)        Penilaian berdasarkan banyaknya pertanyaan yang dapat dijawab secara benar dan tidak ada pengurangan nilai (nilai minus) jika jawaban salah.
m)    Semua peralatan disediakan oleh panitia.

2)      Pos Ayo Siaga Bencana
a)      Pos Ayo Siaga Bencana diikuti oleh 3 orang tediri dari pemain 1, pemain 2 dan pemain 3.
b)      Waktu keseluruhan lomba 10 menit, terdiri dari 2 menit penjelasan, 7 menit peragaan serta 1 menit evaluasi.
c)       Terdapat papan TTS (Teka Teki Silang) yang terdiri dari pertanyaan 10 mendatar dan 10 menurun.
d)      2 Pemain menjawab soal secara bergantian. Pemain yang 1 sebagai leader.
e)      Leader akan membacakan pertanyaan berdasarkan nomer yang telah dipilih oleh pemain.
f)       Pemain menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh panitia dengan menuliskan jawabannya di papan TTS yang telah disediakan sesuai dengan nomornya.
g)      Kotak yang sudah diisi oleh kedua pemain tidak boleh diganti.
h)      Pemain hanya boleh menuliskan jawaban, tidak boleh menyebutkan jawabannya.
i)        Pemain lain tidak boleh membantu pemain yang sedang menjawab pertanyaan.
j)        Permainan tetap berlanjut sampai waktu yang disediakan telah habis.
k)      Semua peralatan disediakan oleh panitia.

3)      Pos Donor Darah
a)      Pos Donor Darah diikuti oleh 3 orang pemain, terdiri dari 1 leader dan 2 pemain.
b)      Waktu keseluruhan lomba 10 menit, terdiri dari 2 menit penjelasan, 7 menit peragaan dan 1 menit evaluasi.
c)       Peserta yang bertugas sebagai leader bertugas membacakan soal yang berupa pernyataan.
d)      Pemain 1 bertugas membawa bendera warna biru yang berarti benar.
e)      Pemain 2 bertugas membawa bendera warna merah yang berarti salah.
f)       Kedua pemain (pemegang bendera berdiri saling membelakangi)
g)      Leader membacakan soal pernyataan kepada pemain 1 dan pemain 2.
h)      Jika pernyataan benar, maka pemain 1 (pembawa bendera biru) mengangkat benderanya.
i)        Jika pernyataan salah, maka pemain 2 (pembawa bendera merah) yang akan mengangkat benderanya.
j)        Soal dibacakan secara berurutan.
k)      Tidak ada pengurangan nilai (nilai minus) jika salah.
l)        Pembacaan soal terus berlanjut sampai waktu yang disediakan telah habis.

5.       LOMBA POSTER
a.  Lomba poster diikuti oleh 1 orang.
b. Waktu yang disedikan 120 menit.
c. Pengerjaan poster di lingkungan sekolah Sma 3 Surakarta
d.Tema poster “AYO BELAJAR PERTOLONGAN PERTAMA”
e. Hasil karya harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan.
f.   Tidak diperkenankan membawa contoh gambar dalam bentuk apapun.
g.  Bahan untuk menggambar poster adalah crayon.
h. Panitia hanya menyediakan kertas gambar ukuran A3.
i.  Setiap orang diwajibkan membawa koran sebagai alas.
j.   Aspek yang dinilai : kebersihan dan kerapian, orisinalitas, dan kreatifitas.

               C.      KEJUARAAN
1.       Penilaian juara umum  menggunakan sistem medali. Dengan ketentuan:
a.       PP                                                  c. Program Kerja PMR
Juara I                   : 5 point                Juara I                   : 3,5 point           
Juara II                  : 3,5 point             Juara II                  : 2,5 point
Juara III                 : 2,5 point             Juara III                : 1,5 point
b.      Travelling                                      d. Poster
Juara I                  : 4 Point                Juara I                   : 3 point
Juara II                 : 3 point                Juara II                  : 2 point
Juara III                : 2 point                Juara III                : 1 point               
e.  Bercerita              
Juara I                    : 3,5 poin
Juara II                   : 2 poin
Juara III                 : 1 poin
2.       Juara Umum
1.     Penentuan juara umum berdasarkan jumlah poin yang diperoleh.
2.     Bagi tim yang tidak mengikuti salah satu lomba, tidak dapat dimasukkan dalam juara umum.
3.    Apabila terdapat point yang sama, maka ditentukan dari perolehan kemenangan berdasarkan prioritas lomba.

                D.      PENUTUP
1.       Hal - hal yang belum ditentukan akan diatur dalam Technical Meeting.
2.       Technical Meeting dilaksanakan pada 22 Oktober 2016, pukul 14.00 WIB bertempat di ruang Audio Visual, SMA N 3 Surakarta lokasi Wamir.
3.       Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
4.       Pelaksanaan Lomba pada hari Minggu, 6 November 2016.
5.       Batas Pendaftaran tanggal 22 Oktober 2016.
6.       Urutan tampil ditentukan berdasarkan nomor urut daftar ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar